5 DOSEN STAI AN-NADWAH KUALA TUNGKAL JADI PESERTA SHORT COURSE PKDP KEMENAG RI 2023

By admin web STAI An-Nadwah 19 Agu 2023, 23:15:10 WIB Artikel Islam
5 DOSEN STAI AN-NADWAH KUALA TUNGKAL JADI PESERTA SHORT COURSE PKDP KEMENAG RI 2023

5 DOSEN STAI AN-NADWAH KUALA TUNGKAL JADI PESERTA SHORT COURSE PKDP KEMENAG RI 2023

Kuala tungkal– Universitas Islam Negeri (UIN) STS Jambi menjadi salah satu Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Short Course dari 19 penyelenggara. Short course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) digelar oleh Kementerian Agama RI dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP).

 

Sebanyak 5 orang dosen STAI An Nadwah Kuala Tungkal mengikuti Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) di BW Luxury Hotel Jambi, Kota Jambi, 14-19 Agustus 2023.

 

Baca Lainnya :

Dikutip dari uinjambi.ac.id Koordinator Penyelenggara Dr. Rofiqoh Ferawati, SE., M.EI menjelaskan, Secara Nasional PKDP ini diikuti 2.500 Dosen pemula Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Swasta. Kegitan ini di buka secara resmi oleh Menteri Agama Republik Indonesia oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Prof. Muhammad Ali Ramdhani. Untuk UIN STS Jambi mendapat kuota 80 peserta yang terbagi dalam 2 angkatan. Para dosen yang mengikuti PKDP berasal dari IAIN Kerinci, Perguruan Tinggi dari Kopertais Wilayah XIII Jambi dan Kopertais Wilayah II Jawa Barat.


Kegiatan PKDP secaara Nasional dibuka oleh Direktur PTKI Kementerian Agama Prof. Dr. Ahmad Zainul, M.Ag mengatakan PKDP tahun kedua ini menjadi persyaratan untuk para Dosen mendapatkan Sertifikasi Pendidikan (Serdos). Sertifikasi adalah ikthiar akademik untuk memilih Kompetensi Urgensi Emosional seperti kualitas propesionalitas dosen, peningkatan kepemahaman moderasi beragama dan memahami karier yang akan di capai.

Dirjen Pendidikan Islam Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, MT, mengatakan, peran dosen sangat strategis di era disrupsi, baik peran pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi ilmiah, maupun pengabdian kepada masyarakat. Guru Besar UIN Sunan Gunungdjati Bandung ini menegaskan bahwa ada empat kompetensi dosen yang harus terus dikembangkan, yaitu: professional, paedagogik, kepribadian, dan kompetensi sosial. “Pelatihan PKDP menjadi momentum penting mengembangkan empat kompetensi tersebut di era persaingan.

Searah yang disampaikan oleh Dirjen Pendidikan islam. Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Prof. Amin Suyitno mengatakan kegiatan PKDP diselenggarakan dengan skema kerja sama (kolaborasi) antara Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Badan Litbang dan Diklat l, serta Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). domain pelatihan ada pada Balitbang, sementara peningkatan kapasitas dan kualitas menjadi domain Ditjen Pendidikan Islam. Karenanya perencanaan, materi-materi, pendampingan dan evaluasi dirancang bersama Selama 60 hari dengan pola Service Course

Program PKDP dirancang untuk membentuk kualitas dosen PTKI agar mempunyai kecakapan mengajar dan kualifikasi akademik yang baik. Tujuan utama program PKDP yaitu: 1) Membimbing dosen pemula agar dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan nilai budaya kerja pada PTKI., 2) Membantu dosen pemula agar mampu melaksanakan pekerjaan sebagai dosen profesional di PTKI., 3) Membantu dosen pemula agar dapat melaksanakan tugas utamanya sebagai tenaga Pendidik profesional di Perguruan Tinggi sebagai mana termaktub dalam Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan 

 

Kegiatan ini terbagi tiga sesi. Sesi pertama In Service Training I (IST-I) akan berlangsung mulai Senin, 14 hingga Sabtu, 19 Agustus 2023. Kemudian sesi kedua, On The Job Training (OJT) yang akan dilaksanakan selama 5 hari mulai 21 Agustus sampai 19 oktober 2023 dalam bentuk pendampingan pembelajaran, penilaian, dan penulisan artikel ilmiah secara online. Sesi ketiga, In Service Training II (IST-II) yang akan dilaksanakan selama dua hari mulai 20 sampai dengan 21 oktober 2023, dalam bentuk kegiatan penyajian (Presentasi) dan Ekspose Proyek hasil pendampingan  dilaksanakan secara online (melalui Zoom Meeting).

Ketua Penitia Dr. Dian Mursidah mengatakan "kegiatan ini merupakan salah satu prasyarat bagi dosen dalam mendapat sertifikasi dosen".

Kegiatan short couse ini sangat penting dilaksanakan dalam meningkatan kompetensi dosen yang profesional" pungkasnya. (Syr)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment